Peduli Korban Gempa Taput , Dinas PPPA Sumut Bersama Kementerian PPPA RI dan UNFPA Berikan Bantuan Spesifik Perempuan dan Anak

Jumat, 07 Oktober 2022

Admin

Berita

Dibaca: 312 kali

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumatera Utara (Sumut) bersama dengan Kementerian PPPA dan  United Nations Population Fund (UNFPA) memberikan 550 Paket bantuan spesifik perempuan dan anak kepada korban gempa di Tapanuli Utara (Taput). Paket Bantuan yang diserahkan secara langsung oleh Asisten Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan dalam Rumah Tangga dan Rentan Kementerian PPPA, Dra. Valentina Gintings, M.Si dan Kepala Dinas PPPA Sumut Hj. Nurlela, SH, M.AP, diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Taput Drs. Indra Simaremare, M.Si yang juga merupakan Ketua Sekretariat Penanganan Darurat  Bencana Kab. Tapanuli Utara di Posko Bantuan – Jl. Letjen Suprapto No.1Tarutung (Jumat, 7/10).

“Perempuan dan anak merupakan kelompok rentan yang harus dilindungi terutama dalam situasi bencana. Selain memiliki kebutuhan spesifik yang berkaitan dengan karakteristik fisiologisnya, perempuan dan anak juga lebih rentan terhadap kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya, kami berharap penyerahan paket bantuan ini dapat meringankan beban para korban khususnya perempuan dan anak yang terdampak gempa” Ujar Hj. Nurlela.

Sementara itu Valentina Gintings mengatakan bahwa perlunya dibentuk Sub Klaster Perlindungan Hak Perempuan dan Anak dari Kekerasan Berbasis Gender dalam Bencana di Kab. Taput agar para perempuan dan anak dapat terhindar dari kekerasan dan diskriminasi selama dalam pengungsian maupun proses penanganan dan pemulihan bencana, serta perlu dibangun sinergi dengan berbagai pihak seperti Himpunan Psikologi Indoensia (HIMPSI) untuk membantu para perempuan dan anak penyintas bencana sembuh dari trauma yang dideritanya pasca gempa.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kab. Taput yang turut didampingi oleh Kadis. Kesehatan Sudirman Manurung, Kadis. PPKBPPPA Donna Situmeang dan Kepala BPBD B.Pasaribu, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh Kementerian PPPA, Dinas PPPA Sumut dan UNFPA.

”Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, kami yakin bantuan ini akan meringankan beban masyarakat dan para korban yang terdampak bencana ” Ujar Indra Simaremare.

Selain menyerahkan paket bantuan spesifik perempuan dan anak yang terdiri dari makanan (roti kaleng), susu, vitamin, kain sarung, handuk, tumbler, pakain dalam, pembalut, dan lain-lain kebutuhan perempuan dan anak, Bu Asdep beserta rombongan yang didampingi oleh Kadis PPKBPPPA Kab. Taput  juga  meninjau dan bertemu langsung dengan para korban bencana di  tiga kecamatan yang terdampak yaitu Kec. Pahae Jae, Tarutung, dan Parmonangan (Sabtu, 8/10).

Berdasarkan laporan BMKG, sampai saat ini tercatat sudah 171 kali gempa susulan dari mulai tanggal 1 sampai dengan 7 Oktober 2022.Selain berdampak pada rusaknya rumah penduduk, fasilitas umum serta rumah ibadah, gempa tersebut juga mengakibatkan jalanan longsor dan kebakaran akibat korsleting listrik pascagempa, yang terjadi di Pasar Sarulla, Tapanuli Utara. 

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

ALUR PELAYANAN KORBAN


PPID


Berita



Jajak Pendapat

Apakah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah cukup memberikan informasi kepada publik?
Bagus
Kurang
Cukup Bagus
Sangat Bagus

Lihat

Statistik Pengunjung

  Online = 4
  Hari ini = 142
  Total = 242376