Dinas PPPA Sumut Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Kepada Masyarakat Binjai

Rabu, 28 September 2022

Admin

Berita

Dibaca: 204 kali

Pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), salah satu bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak yang hingga kini masih banyak terjadi. Dampak kekerasan yang komplek tentunya memerlukan penanganan yang komplek juga untuk memulihkan korban.

Pemerintah Provinsi  Sumatera Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melaksanakan kegiatan Penguatan Jejaring Antar Lembaga Penyedia Layanan Perlindungan Perempuan Kewenangan  Provinsi dan Lintas Daerah Kabupaten/Kota dalam Bentuk Pencegahan Kekerasan dalam Rumah Tangga, di Kantor Lurah Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Rabu (28/9/2022).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kadis. PPPA Sumut, Hj. Nurlela ini dihadiri oleh para peserta dari aparatur Kecamatan, Kelurahan, Kepala Lingkungan, Babinsa, Babinkamtibmas, TP. PKK Kelurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi perempuan, dan Karang Taruna. Turut hadir juga anggota Komisi E DPRD Sumut, Kepala Kantor  Kemenag Binjai, Lurah Sumber Karya, dan staf Dinas PPPA Kota Binjai.

Dalam sambutannya Hj. Nurlela mengatakan bahwa “Faktor dominan penyebab KDRT bersifat kolektif atau multi faktor. Oleh karena itu solusi yang diperlukan juga terdiri dari banyak faktor dan perlu melibatkan banyak pihak, misalnya kesiapan dalam membangun rumah tangga, kedewasaan calon pengantin, kesiapan ekonomi, pengetahuan masing-masing pasangan, lingkungan keluarga, lingkungan sosial, budaya dan lain-lain.” Pendampingan korban KDRT adalah penting sebagai salah satu bentuk pemenuhan hak-hak korban. Oleh karena itu perlu sinergitas koordinasi dan kerja sama semua pihak.

Lebih lanjut Hj. Nurlela menyampaikan bahwa melalui pertemuan ini, diharapkan mampu meningkatkan kapasistas  bagi semua pihak yang terlibat sebagai peserta kegiatan dalam pencegahan dan penanganan kekerasan dalam rumah agar memberitahukan  kepada masyarakat di lingkungannya serta dapat meningkatkan koordinasi dalam perlindungan perempuan dan anak untuk kemudian menyamakan persepsi tentang pencegahan dan penanganan kasus KDRT. Dengan demikian kualitas pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan.

“Untuk itu, saya berharap kepada para peserta kegiatan ini nantinya, mari kita tingkatkan partisipasi aktif, bersinergi dalam pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak  terutama KDRT  di Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai dengan lintas sektor terkait.” Demikian disampaikan Hj. Nurlela menutup sambutannya.

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

ALUR PELAYANAN KORBAN


PPID


Berita



Jajak Pendapat

Apakah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah cukup memberikan informasi kepada publik?
Bagus
Kurang
Cukup Bagus
Sangat Bagus

Lihat

Statistik Pengunjung

  Online = 4
  Hari ini = 142
  Total = 242376