Dinas PPPA Sumut dan Kementerian PPPA Laksanakan Kegiatan Bimtek Standarisasi Layanan Perlindungan Perempuan Dan Perlindungan Anak

Selasa, 20 September 2022

Admin

Berita

Dibaca: 211 kali

Dalam rangka memastikan perempuan dan anak mendapatkan rasa aman dan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, penyiksaaan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya yang melanggar hak azasi manusia, dibutuhkan layanan yang memenuhi standar. Untuk itulah negara harus hadir bagi perempuan dan anak korban kekerasan dalam bentuk layanan yang komprehensif dan terintegrasi dengan menggunakan pendekatan dan berorientasi pada pemenuhan hak-hak perempuan dan anak korban kekerasan atas layanan yang seharusnya diberikan oleh negara.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumatera Utara (Sumut) bekerjasama dengan Kementerian PPPA RI melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Standarisasi Layanan Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak di Provinsi Sumatera Utara, selama 3 hari tanggal 19-21 September 2022 di Hotel Aryaduta Jl. Kapten Maulana Lubis No.8 Medan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi  oleh Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dalam Rumah Tangga dan Rentan Kementerian PPPA RI,  Dra. Valentina Gintings, M.Si dengan menghadirkan peserta  perwakilan dari tenaga layanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) atau penyelenggara perlindungan perempuan dan anak lainya di 5 Kab./Kota di Sumatera Utara, yaitu Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Binjai, serta beberapa instansi terkait di Provinsi Sumut, diantaranya Dinas Sosial, Kejaksaan, PERADI, dll.

Tujuan kegiatan ini secara umum adalah untuk mewujudkan layanan PPA secara cepat, akurat, komprehensif dan terintegrasi melalui penerapan Standar Layanan PPA yang teruji dan aplikatif yang pada muaranya dapat menyelenggarakan Bimbingan Teknik Standar Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak untuk UPTD PPA dan penyelenggara layanan PPA lainnya serta pendampingan penerapan standar layanan.

Disampaikan Ibu Valen dalam sambutannya bahwa dengan adanya standarisasi layanan  perlindungan perempuan dan anak ini melalui penerapan standar layanan perlindungan perempuan dan anak diharapkan dapat meningkatkan kapasistas  bagi semua pihak  terkait dengan penyelenggaraan layanan perlindungan perempuan dan anak, khususnya untuk UPTD PPA dan penyelenggara PPA lainnya.

“Untuk itu, saya berharap kepada para peserta kegiatan  mari kita tingkatkan partisipasi aktif, bersinergi dan berkolaborasi dalam penyelenggaraan layanan perlindungan perempuan dan anak  di Provinsi Sumatera Utara untuk  Sumut yang bermartabat”. Kata Bu Valen mengakhiri sambutannya.  

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas