Tingkatkan Ketahanan Keluarga, Dinas PPPA Sumut Gelar Seminar “Siap Menjadi Ibu Pencetak Generasi Emas Bebas Stunting”

Sabtu, 16 Oktober 2021

Admin

Berita

Dibaca: 76 kali

Medan, Jumat (15/10) Bertempat di aula kantor lurah Titi Papan Medan Deli Jl.Platina II Medan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sumatera Utara menggelar Seminar “Siap Menjadi Ibu Pencetak Generasi Emas Bebas Stunting”. Kegiatan yang dihadiri oleh para peserta dari Kader PKK Kelurahan Titi Papan, Kader Posyandu, Kepala Lingkungan dan Orang Tua Anak Stunting se Kelurahan Titi Papan Medan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Komisi E DPRD Sumut Bapak H. Hendra Cipta, SE.

Dalam sambutannya H. Hendra menyatakan bahwa persoalan stunting telah menjadi agenda pembangunan nasional. Stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat, namun juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal. Hal ini menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang dibawah rata-rata, dan bisa berakibat pada prestasi sekolah yang buruk.

“Tingkat prevalensi stunting yang masih tinggi, perlu segera kita atasi bersama. Baik pemerintah maupun individu, komunitas, csr, lembaga donor maupun swasta, harus bersinergi dan bersatu dalam upaya penanggulangan stunting.”, Ujarnya menambahkan.

“Pandemi covid-19 yang telah berlangsung mendekati tahun ke 2, telah kita rasakan dampaknya, terutama di bidang kesehatan dan gizi masyarakat. Dampak tersebut yang sangat berpotensi meningkatkan angka stunting, dan 5 berpotensi mengancam target menurunkan angka stunting secara nasional hingga 14 persen pada tahun 2024, semoga pencapaian persentase tersebut dapat tercapai. Hal tersebut diakibatkan banyak puskesmas, posyandu yang menghentikan kegiatan selama pandemi yang mana layanan posyandu balita maupun ibu hamil mengalami penurunan, baik karena penghentian penyelenggaraan posyandu, maupun faktor ketakutan masyarakat untuk mengunjungi posyandi dan fasilitas kesehatan ibu dan balita”, ujarnya sambil menutup sambutannya.

Turut hadir pada kegiatan ini Kadis. PPPA Sumut Hj. Nurlela, SH, M.AP, Camat Medan Deli Feri Suheri dan Lurah Titi Papan Ansari, serta Ketua TP.PKK Kec. Medan Deli dan aparatur Babinkantibmas dan Babinsa Kelurahan Titi Papan Medan. 

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas