Wakil Ketua Komisi E DPRD Sumut : Ada Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas di Instansi Pemerintah & Swasta

Kamis, 14 Oktober 2021

Admin

Berita

Dibaca: 131 kali

"Dalam Pasal 53 ayat (1) UU Penyandang Disabilitas menyebutkan bahwa Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN, wajib mempekerjakan paling sedikit 2 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai."

 Demikian disampaikan Bapak H. Hendra Cipta, SE, selaku Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara dalam arahan dan sambutannya pada kegiatan Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Pelaksanaan Kebijakan, Program dan Kegiatan Pencegahan Kekerasan terhadap Anak Kewenangan Provinsi dalam Bentuk Perlindungan Khusus Anak, Kamis (14/10/21),  bertempat di aula Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Medan.

"Selanjutnya pada ayat (2) disebutkan, bahwa perusahaan swasta diwajibkan untuk mempekerjakan paling sedikit satu persen penyandang disabilitas dari jumlah pekerja." 

Bapak Hendra Cipta menambahkan, "Salah satu upaya mempersiapkan penyandang disabilitas di dunia kerja adalah dengan adanya pendidikan inklusif. Pendidikan inklusif ini merupakan sistem layanan pendidikan yang memberikan kesempatan bagi penyandang difabel untuk bersekolah umum di kelas reguler bersama teman seusianya. Dengan pendidikan inklusif siswa dapat belajar bersama dengan aksesabilitas yang mendukung untuk semua, tanpa terkecuali penyandang disabilitas. Semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk secara aktif mengembangkan potensi dirinya dalam lingkungan sama, juga akan membuat mereka terbiasa berinteraksi tidak hanya sesama penyandang disabilitas. Pendidikan inklusif menunjukkan adanya pengakuan dan penghargaan keragaman. Hal ini karena pendidikan inklusif memiliki prinsip terbika, tanpa diskriminatif, peka terhadap setiap perbedaan, relevan dan akomodatif terhadap cara belajar, dan berpusat pada kebutuhan dan keunikan peserta didik."

Kegiatan Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Pelaksanaan Kebijakan, Program dan Kegiatan Pencegahan Kekerasan terhadap Anak Kewenangan Provinsi dalam Bentuk Perlindungan Khusus Anak ini dihadiri oleh 90 peserta yang terdiri dari orang tua murid dan guru YPAC Medan.

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas