Tingkatkan Pemenuhan Hak Anak, Dinas PPPA Sumut Laksanakan Bimtek KHA Bagi Penyelenggara Kesehatan Di Puskesmas Ramah Anak

Selasa, 12 Oktober 2021

Admin

Berita

Dibaca: 144 kali

Puskesmas Ramah Anak (PRA) merupakan unit layanan kesehatan yang menjalankan fungsi berdasarkan pemenuhan, perlindungan dan penghargaan atas hak anak melalui 4 (empat) prinsip perlindungan anak berupa nondiskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan serta penghargaan terhadap pendapat anak.

Demikian disampaikan Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Utara  Ny. Nawal Edy Rahmayadi yang dalam hal ini diwakili oleh Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sumatera Utara Hj. Nurlela, SH, M.AP dalam sambutannya ketika membuka secara resmi kegiatan Penguatan Jejaring Antar lembaga Penyedia Layanan Peningkatan Kualitas Hidup Anak Kewenangan Provinsi dan Lintas Daerah Kabupaten/Kota dalam Bentuk Bimbingan Teknis Konvensi Hak Anak Bagi Penyelenggara Kesehatan di Puskesmas Ramah Anak, di Hotel Santika Dyandra Premiere Medan, Senin (11/10/21).

Kegiatan yang menghadirkan 40 (empat puluh) orang peserta dari unsur Puskesmas Kabupaten/Kota, Forum Anak dan fasilitator Forum Anak Sumatera Utara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman penyelenggara kesehatan akan pentingnya pelaksanaan puskesmas ramah anak dalam mendukung Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), juga ketersediaan SDM penyelenggara kesehatan yang profesional serta meningkatkan keberadaan Puskesmas Ramah Anak yang akan diusulkan ke tingkat nasional.

Dalam pengembangan Puskesmas menjadi Puskesmas Ramah Anak (PRA), Kepala Puskesmas bertanggung jawab sebagai koordinator tim pengembangan PRA yang bertugas menyerasikan, menggerakkan dan mengintensifkan upaya pemenuhan hak kesehatan dasar anak sekaligus sebagai layanan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak diwilayah kerjanya.

Di akhir sambutannya Hj. Nurlela menyampaikan harapannya agar para peserta dapat secara aktif menggali ilmu yang disampaikan oleh narasumber, mengingat kegiatan Bimbingan Teknis ini cukup penting dalam penguatan kapasitas penyelenggara kesehatan yang ada di Puskesmas.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hibrid (online dan ofline) ini menghadirkan para narasumer dari pusat maupun daerah seperti Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Pendidikan Kementerian PPPA RI dr.Entis Zainal, M.PH, pemerhati anak Hadi Utomo, serta Kadis.Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan Kadis. Kominfo Kab. Deli Serdang.

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas