Dinas PPPA Sumut Lakukan Mediasi Kasus Dugaan Kekerasan terhadap Anak yang Dilakukan oleh Ayah Kandungnya

Jumat, 01 Oktober 2021

Admin

Berita

Dibaca: 53 kali

Sebagaimana arahan Bapak Gubernur Sumatera Utara dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumatera Utara, mengenai kasus dugaan kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh ayah kandungnya, Tim UPTD. P2TP2A Dinas PPPA Sumut menindaklanjuti kasus tersebut dengan melakukan mediasi antara korban yang dalam hal ini didampingi oleh Bibinya Sdri.ES dengan ayah kandung korban MYA.

Kasus ini bermulai dari pengaduan pelapor Sdri. ES, yang langsung menemui Bapak Gubsu di Rumah beliau, pada tanggal 18 September 2021. Tim UPTD P2TP2A telah melakukan upaya lanjutan dengan menempatkan sementara kedua anak dimakasud (A, pr, 16 Tahun dan D, pr, 14 Tahun)di Rumah Aman UPTD P2TP2A, melakukan konseling psikologis kepada anak-anak tersebut dalam upaya memulihkan kondisi psikologis anak akibat konflik keluarga.
Kemudian Tim UPTD P2TP2A melakukan upaya mediasi, Rabu (29/9/2021), diawali dengan menggali informasi dari ayah kandung korban, membicarakan tentang pengasuhan terbaik bagi anak, pemenuhan hak anak serta pendidikan buat anak-anak tersebut, yang kemudian diambil kesepakatan bahwa ayah kandung memberikan izin kepada anak-anaknya untuk tinggal dan diasuh oleh Ibu Pipih (adik kandung ayahnya).

Selanjutnya ayah kandung meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuatnya selama ini dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya. Jika melanggar maka dia bersedia diproses sesuai hukum yang berlaku dan hal ini dituangkan dalam surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai.
Saat ini, Tim UPTD P2TP2A telah menyerahterimakan anak-anak tersebut kepada Pelapor dan telah kembali ke rumah pelapor sesuai kesepakatan yang telah dilakukan.

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

ALUR PELAYANAN KORBAN


PPID


Berita



Jajak Pendapat

Apakah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah cukup memberikan informasi kepada publik?
Bagus
Kurang
Cukup Bagus
Sangat Bagus

Lihat

Statistik Pengunjung

  Online = 3
  Hari ini = 82
  Total = 186918