Ka. TP. PKK Sumut Buka Kegiatan Advokasi dan Pendampingan PUG dalam Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Selasa, 25 Mei 2021

Admin

Berita

Dibaca: 195 kali

Ketua Tim Penggerak PKK Sumatera Utara Ibu Nawal Edy Rahmayadi memberikan sambutan sekaligus arahan dan membuka secara resmi kegiatan Advokasi dan Pendampingan Pengarusutamaan Gender (PUG) termasuk Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) di Sektor Perkebunan Kelapa Sawit. Dalam sambutannya Ibu Nawal mengatakan bahwa berbicara soal gender bukan bicara bagaimana fungsi biologis laki-laki dan perempuan dijalankan, tetapi lebih kepada ruang dinamika sosial budaya yang ada di masyarakat, terutama pada berbagai aspek yang mempengaruhi perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan. sehingga, pada akhirnya peran tersebut memunculkan dominasi peran yang satu terhadap peran yang lainnya, dan menyebabkan ketimpangan dalam tatanan kehidupan.

"Pada umumnya petani sawit baik perempuan maupun laki-laki memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pekerjaan mengelola lahan. Subordinasi perempuan pada akses dan kontrol pengelolaan perkebunan kelapa sawit, selain terlihat pada kepemilikan lahan dan akses kredit keuangan, juga terlihat pada hal pengambilan keputusan. 

"Oleh karenanya, saya berharap kondisi tersebut harus menjadi perhatian pemerintah ke depan khususnya dalam melahirkan kebijakan yang berdimensi perspektif gender. Pengarusutamaan gender dalam kebijakan pemerintah khususnya di sektor pertanian dan perkebunan ditujukan agar pembangunan pertanian maupun perkebunan diarahkan kepada pembangunan yang berkelanjutan, dimana aspek sosial menjadi salah satu perhatian yang juga berkaitan dengan konsep perspektif gender. Sehingga hasil pembangunan tidak hanya memberikan keuntungan secara ekonomi, tetapi juga dari aspek sosial memberikan maanfaat bagi petani perempuan maupun laki-laki. Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah mendukung akan terselenggaranya acara ini, pesan saya selalu terapkan protokol kesehatan" ujar bu nawal sembari menutup sambutannya.

Sementara itu Kadis.PPPA Sumut Hj. Nurlela, SH, M.AP menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menerima saran dan masukan terkait pelaksanaan PUG dalam pembangunan daerah di Sumatera Utara dan untuk percepatan pelaksanaan PUG di dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara secara komprehensif dan berkelanjutan. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grandhika Setia Budi Medan Jl.Dr. Mansyur No.169 Medan ini dihadiri oleh anggota Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia Provinsi Sumatera Utara (FOKSBI SUMUT), serta Dinas yang membidangi perempuan dan anak Kab./Kota se Sumatera Utara yang mengikuti kegiatan ini secara daring. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Ibu Dr.Ir.Hj. Sabrina, M.Si, Deputi Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Ibu Dra. Lenny N Rosalin, M.Si yang menyampaikan materinya  secara daring dan Ketua Harian FOKSBI SUMUT sekaligus Kadis.Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Ir. Lies Handayani, M.MA.

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas