Ka. TP. PKK Sumut : PUG Solusi Kesenjangan Bagi Keterbatasan SDM Kaum Perempuan.

Senin, 24 Mei 2021

Admin

Berita

Dibaca: 81 kali

Pengarusutamaan gender (PUG) adalah pendekatan pembangunan pada sektor yang belum mengakomodir pentingnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Kalau kita perhatikan, PUG ini bisa menjadi solusi kesenjangan bagi keterbatasan SDM kaum perempuan. Sesuai salah satu prioritas pembangunan pemerintah Provinsi Sumatera Utara, peningkatan SDM menjadi sangat penting bagi keberhasilan pembangunan daerah, kita jangan sampai tertinggal.

Demikian disampaikan Ka. Tim Pengerak PKK Provinsi Sumatera Utara Ny. Nawal Edy Rahmayadi ketika memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) bagi anggota Focal Point PUG Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Hotel Grandhika Medan (24/5).

"PUG merupakan strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender  dalam aspek  kehidupan manusia melalui perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi seluruh kebijakan, program dan kegiatan  yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki-laki di berbagai bidang kehidupan pembangunan nasional dan daerah. Dengan strategi PUG penerapan pembangunan perlu dilakukan oleh semua kalangan tanpa memandang perbedaan gender.

Zaman sekarang kaum perempuan tidak lagi terkungkung aturan. Perempuan bisa berkarya, berprestasi bahkan bisa menjadi pemimpin dan berkontribusi untuk pembangunan di daerahnya. Kita semua bisa mengambil peran dalam pembangunan. Jangan ragu untuk mengutarakan ide, gagasan dan pendapat selama itu baik dan berdayaguna. Sekecil apapun itu, perempuan mewakili separuh dari penggerak pembangunan di setiap elemen." ujar Bu Nawal sembari menutup sambutannya.

Sementara itu Kadis. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sumatera Utara Hj.Nurlela, SH, M.AP dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk : memberikan pemahaman bagi perencana dan  focal point gender untuk dapat menggunakan alat analisis gender dalam penyusunan PPRG dan meningkatkan pemahaman, kemampuan dan kompetensi SDM khususnya para perencana Program dan Anggaran dalam menyusun analisis Gender Analisis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS) pada kegiatan yang strategis di Perangkat Daerah masing-masing.

Hadir sebagai Narasumber kegiatan ini Sekretaris Daerah Provsu Ibu Dr. Ir. Hj. R. Sabrina, M.Si, Inspektur Provinsi Sumatera Utara Bapak Larso Marbun dan Deputi Kesetaraan Gender  Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Ibu Lenny N. Rosalin, M.Si yang membawakan materinya secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari penuh ini, dihadiri oleh para kasubbag.program/ anggota focal point PUG di masing-masing Perangkat Daerah Pemprovsu.

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas