Dinas PPPA Provsu & PPPAKB Deli Serdang Lakukan Asesment terhadap AP Anak Dugaan Korban Pencabulan

Jumat, 26 Juni 2020

Admin

Berita

Dibaca: 188 kali

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (PPPA) Provsu melalui UPT. P2TP2A Dinas PPPA Provsu (Ka. UPT, Kasi Pelayanan dan Kasi Koordinasi dan Kerjasama) serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPAKB) Kab. Deli Serdang (Kabid PPA, Kasi PP dan psikolog anak) melakukan penjangkauan dalam rangka asesmen terhadap anak korban dugaan percabulan/persetubuhan (26/6/20) an. AP (11 tahun 8 bulan) oleh ayah tirinya.

Kemudian secara terpisah, tim juga melakukan asesmen kepada korban dan ibu kandung korban, yang pada intinya terdapat beberapa temuan bahwa korban masih merasa tertekan dan trauma dengan kondisi yang dialaminya saat ini, apalagi usia kehamilan korban yang sudah hampir memasuki 8 bulan, sementara korban masih semangat untuk melanjutkan sekolahnya yang saat ini baru tamat SD dan seharusnya bersia-siap memasuki jenjang berikutnya, yaitu SMP.

Dengan kondisi tersebut, jelas korban tidak memiliki gambaran ke depannya terkait rencana bayi yang ada dalam kandungannya yang bahkan korban juga belum sepenuhnya memahami bahwa dia sedang hamil, walaupun ibu kandung korban berharap bisa mengasuh bayi tersebut nantinya. Bertolak belakang dengan keinginan keluarga besar, mereka berharap agar ada orang tua asuh yang mau mengasuh bayi tersebut. Usia kehamilan korban sudah hampir memasuki usia 8 bulan.  Sementara itu pelaku (Ayah tiri korban)  sudah mengakui perbuatannya dan saat ini sudah ditahan di Polres Pelabuhan Belawan.

Di sisi lain, Dinas PPAKB Kab. Deli Serdang akan segera menindaklanjuti memfasilitasi KIS dan KIP yang belum diterima oleh korban, juga akan memperhatikan kesehatan korban dan janinnya dengan cara kontrol secara rutin ke bidan desa, Puskesmas atau bahkan ke RSUD.

Terkait masalah bayi itu nantinya, UPT. P2TP2A Dinas PPPA Provsu akan memfasilitasi agar bayi tersebut bisa diserahkan ke panti dan mencarikan orang tua asuh dengan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provsu.

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas