Dinas PPPA Provsu Komitmen Berikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Senin, 06 Januari 2020

Admin

Berita

Dibaca: 141 kali

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara (Dinas PPPA Provsu) melalui Unit Pelaksana Teknis Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (UPT. P2TP2A) berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya perempuan dan anak korban kekerasaan dan tindak pidana perdagangan orang (trafficking).

Hal ini tergambar dari banyaknya masyarakat yang melapor/mengadu untuk mendapatkan bantuan layanan terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak. Selama tahun 2019 saja UPT.P2TP2A Dinas PPPA Provsu telah melayani ratusan masyarakat dari latar belakang dan masalah yang beragam terkait korban kekerasan dan trafficking terhadap perempuan dan anak baik dari dalam maupun luar negeri termasuk pemulangan beberapa orang pekerja migran dan korban trafficking dari Malaysia yang merupakan warga Sumatera Utara.

Guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat UPT. P2TP2A Dinas PPPA Provsu telah menyiapkan sarana dan pra sarana yang cukup memadai seperti ruang mediasi, ruang konseling, rumah aman korban, serta mobil dan motor perlindungan untuk penjangkauan korban. Sedangkan dalam hal manajemen, lembaga ini juga telah mendapatkan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk Pelayanan Pengaduan, Rujukan Layanan Kesehatan, Rujukan Rehabilitasi Sosial, Rujukan Bantuan Hukum, Rujukan Reintegrasi Sosial dan Mediasi. Selain itu juga telah dijalin kerjasama dengan Konsulat Jenderal Indonesia Penang dan Konsulat Jenderal Indonesia Kuching Sarawak – Malaysia, serta penandatangan nota kesepahaman (MoU) tentang perlindungan saksi dan korban antara Gubernur Sumatera Utara dengan Kepala Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban pada Desember 2019 yang lalu.

Sebagai apresiasi atas kontribusi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat UPT. P2T2P2A Dinas PPPA Provsu telah mendapatkan penghargaan baik dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dan dari Lembaga  Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) RI.

Bagi masyarakat khususnya perempuan dan anak korban kekerasan dan trafficking yang ingin mendapatkan layanan Pengaduan, Rujukan Layanan Kesehatan, Rujukan Rehabilitasi Sosial, Rujukan Bantuan Hukum, Rujukan Reintegrasi Sosial dan Mediasi dapat datang langsung ke UPT.P2TP2A Dinas PPPA Provsu di Jl.Iskandar Muda No.272 Medan pada jam kerja Senin – Jumat pukul 07.30 WIB s.d 16.00 WIB. Semua layanan ini dapat diakses oleh masyarakat secara Gratis tanpa ada pungutan sepeserpun.

 

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas