Dinas PPPA Provsu Bina dan Fasilitasi Kelompok Bina Keluarga TKI di Sibolga

Senin, 11 November 2019

Admin

Berita

Dibaca: 183 kali

Kebijakan Pemerintah memfasilitasi penempatan tenaga kerja ke luar negeri merupakan salah satu upaya untuk mengurangi pengangguran bagi warga negara baik laki-laki maupun perempuan. Pada sisi lain tidak bisa dipungkiri walaupun pengiriman tenaga kerja keluar negeri memberikan tambahan devisa yang besar bagi negara namun di sisi yang lain  menimbulkan permasalahan terutama bagi keluarga yang ditinggalkan misalnya ketidakmampuan keluarga untuk mengelola uang hasil kiriman dari luar negeri dikarenakan sebagian besar digunakan untuk kegiatan konsumtif, adanya keretakan hubungan suami istri  serta anak–anak yang ditinggalkan umumnya disebabkan oleh komunikasi yang tidak terbina dengan baik.

Guna mencegah terjadinya hal tersebut di atas Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kegiatan pembinaan dan fasilitasi kelompok bina keluarga Tenaga Kerja Indonesia (Bina TKI) di kota Sibolga.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 8 november 2019 ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas PPPA Provsu Hj.Nurlela, SH, M.AP,  dalam sambutannya Nurlela mengatakan “jumlah TKI yang semakin meningkat dan didominasi oleh perempuan, umumnya mereka bekerja disektor informal baik sebagai penata laksana rumah tangga, sektor perkebunan, sektor produksi pada pabrik-pabrik maupun sektor yang lain. TKI yang bekerja di luar negeri rata-rata dari keluarga miskin, berpendidikan rendah, tidak memiliki keterampilan yang cukup serta rendahnya tingkat pemahaman pengetahuan dan lain sebagainya, akhirnya kondisi inilah yang memicu permasalahan pada TKI.

Maka melalui kegiatan ini dengan melibatkan stake holder dari lintas sektor Kabupaten/Kota, diharapkan  dapat meningkatkan pemberdayaan ekomoni, ketahanan dan kesejahteraan bagi keluarga,  dan perlindungan bagi anak–anak keluarga  TKI serta dapat menangani berbagai permasalahan keluarga TKI secara konfrehenshif, berkesinambungan dan menjadi perhatian yang sungguh-sungguh.” ujar Nurlela.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor TP. PKK  Kota Sibolga ini dihadiri oleh lebih kurang 50 (lima puluh) orang, terdiri dari OPD terkait, aparat, keluarga TKI, calon TKI , dan TKI purna. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran aparat, masyarakat tentang ketahanan keluarga dan kesejahteraan keluarga serta membangun sinergitas koordinasi dan jejaring kerjasama antar pemprovsu, kab/kota dalam upaya membantu mengatasi permasalahan  TKI dan keluarganya.

 

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas