Dinas PPPA Provsu Melaksanakan Kegiatan Penguatan SDM PELAKSANA PPRG di Sumatera Utara

Rabu, 03 Juli 2019

Admin

Berita

Dibaca: 83 kali

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provsu melaksanakan kegiatan “Penguatan SDM Pelaksana Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019”, hari Selasa (2/7) di Ruang Rapat Aula F.L. Tobing lt. 8 Kantor Gubsu, Jl. P. Diponegoro No. 30 Medan.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan membangun persepsi yang sama tentang perencanaan dan penganggaran yang responsif gender, meningkatkan peran penggerak inti PPRG serta meningkatkan peran focal point gender di masing-masing OPD dalam penyusunan anggaran responsif gender melalui Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS).

“Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) merupakan instrument yang digunakan untuk mengatasi adanya perbedaan atau kesenjangan dalam akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan bagi laki-laki dan perempuan yang bertujuan untuk mewujudkan anggaran yang lebih berkeadilan terhadap penerima manfaat pembangunan, PPRG ini dijadikan sebagai strategi nasional percepatan pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) dalam pembangunan daerah”, demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provsu, Ibu Sabrina, dalam sambutannya pada acara dimaksud.

Lebih lanjut Ibu Sekda mengatakan bahwa advokasi anggaran yang responsif gender difokuskan agar strategi pembangunan lebih berorientasi pada pembangunan infrastruktur dan adanya alokasi sumber daya yang adil untuk dilakukan dengan cara mempengaruhi proses perencanaan dan penganggaran agar partisipatif dan mengakomodasi kepentingan praktis dan strategis dari kelompok marginal.

Dalam rangka meningkatkan capaian kinerja pemerintah daerah dalam pelaksanaan PUG melalui PPRG, pemerintah pusat melakukan pemantauan dan evaluasi, hasil evaluasi tersebut dijadikan sebagai dasar pemberian penghargaan kepada Kepala Daerah yang mempunyai komitmen tinggi dalam melaksanakan strategi PUG ke dalam proses perencanaan, pelaksanaan penganggaran, monitoring dan evaluasi berupa Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Kegiatan Penguatan SDM PPRG ini menghadirkan 60 orang peserta yang berasal dari seluruh OPD Provinsi Sumatera Utara, yang terdiri dari Penjabat/Kasi/Kasubbag Program.

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas