Dinas PPPA Provsu Laksanakan Penguatan Forum Anak Daerah Sumatera Utara

Selasa, 02 Juli 2019

Admin

Berita

Dibaca: 67 kali

“Anak adalah seseorang yang berusia 0 sampai dengan 18 tahun termasuk anak dalam kandungan dan merupakan amanah, sekaligus karunia Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa harus dijaga karena dalam dirinya melekat harkat, martabat dan hak-hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi”.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Ibu Sabrina, dalam sambutannya pada acara Penguatan Forum Anak Daerah Sumatera Utara Tahun 2019, yang diadakan dari tanggal 27 s.d. 29 Juni 2019 di UPTD. Mekanisasi Pertanian Dinas Tanaman dan Holtikultura Provsu, Jl. Jend. Besar DR. A.H. Nasution No. 7 Medan.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa dari sisi kehidupan berbangsa dan bernegara, anak sebagai penerus masa depan bangsa sehingga memiliki peran strategis dalam menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa depan.

Upaya perlindungan terhadap hak anak telah diatur dalam UU Nomor 35 Thn. 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Thn. 2002 tentang Perlindungan Anak, yang menyatakan bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Saat ini pemerintah telah memfasilitasi wadah partisipasi anak dalam bentuk Forum Anak di Tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan, sebagaimana Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor 12 Thn. 2015 tentang Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan.

Kegiatan ini menghadirkan sebanyak 99 peserta yang berasal dari utusan pengurus Forum Anak Kabupaten/Kota, masing-masing 2 (dua) orang yang terdiri dari laki-laki dan permpuan serta pendamping dari aparat Dinas PP-PA Kabupaten/Kota. Pada kegiatan ini juga dilakukan seleksi terhadap Forum Anak Kabupaten/Kota yang akan diberangkatkan ke Kota Makassar sebagai duta Forum Anak Daerah Sumatera Utara pada pertemuan Forum Anak Nasional Tahun 2019, mereka adalah wakil dari Kab. Humbang Hasundutan, Asahan, Labuhanbatu Utara, Batubara, Deli Serdang, Langkat, Toba Samosir, Labuhanbatu, serta Kota Tanjungbalai, Medan, Tebing Tinggi dan Padangsidempuan.

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas