ROADSHOW ASOSIASI PERUSAHAAN SAHABAT ANAK INDONESIA (APSAI)

Rabu, 29 Mei 2019

Admin

Berita

Dibaca: 3005 kali

 

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provsu melalui Bidang Pemenuhan Hak Anak (PHA) melakukan Roadshow APSAI ke beberapa perusahaan guna menindaklanjuti amanat UU nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang pada pasal 21 dinyatakan bahwa pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan perlindungan anak di daerah yang diwujudkan melalui Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) dengan mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha secara terencana, neyeluruh dan berkelanjutan ke dalam kebijakan, program dan kegiatan PHA. Dukungan dunia usaha dimaksud diwujudkan dalam bentuk Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia yang saat ini telah terbentuk di pusat dan beranggotakan 25 perusahaan.

Kegiatan roadshow ini telah dilakukan oleh Dinas PPPA Provsu di beberapa perusahaan yaitu PT. Indofood Sukses Makmur tbk., PT. Kedaung dan PDAM Tirnadi Medan, yang diwakili oleh Kabid PHA, Ibu Marhamah beserta para stafnya. Di kesempatan itu Ibu Marhamah menyampaikan pentingnya pemenuhan hak anak terkait dengan upaya yang harus dilakukan dunia usaha untuk mendukung KLA di Provinsi Sumatera Utara.

“Kami berharap dengan diadakannya roadshow APSAI ini dapat mensinergikan kegiatan yang ada di PT. Indofood yang bersentuhan dengan kebutuhan anak juga layak anak dengan kegiatan yang ada di Dinas PPPA Provsu ke depannya”, ujar Kabid PHA ketika mengunjungi PT. Indofood Sukses Makmur tbk.

Dia juga menambahkan bahwa APSAI ini merupakan kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI guna mewujudkan KLA di Indonesia umumnya dan Sumatera Utara khususnya. “Karena bagaimanapun juga, anak adalah asset bangsa yang harus kita jaga dan kita pelihara guna keberlanjutan generasi terbaik kita di masa yang akan datang”, tambahnya lagi.

Kegiatan APSAI ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang Kabupaten/Kota Layak Anak dan kelembagaan APSAI, pemenuhan hak anak yang terkait dengan upaya yang harus dilakukan dunia usaha untuk emndukun KLA dimaksud dan mendampingi serta membantu memberikan penghargaan kepada perusahaan selaku bisnis yang memiliki kebijakan program, proses dan produk layak anak.

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas