Kementerian PPPA & Dinas PPPA Provsu Laksanakan Workshop Internet Aman Untuk Anak

Jumat, 10 Mei 2019

Admin

Berita

Dibaca: 22 kali

Medan, Perkembangan teknologi informasi semakin maju dan berkembang dengan pesat. Dalam perkembangannya teknologi informasi dalam hal ini internet tidak hanya berfungsi memberikan informasi kepada khalayak tetapi juga pendidikan, hiburan serta kontrol sosial. Kemajuan teknologi informasi/ internet juga memberikan pengaruh besar bagi perilaku dan gaya hidup masyarakat termasuk anak – anak. Dimana semua anak dapat dengan mudah mengakses internet dengan sangat mudah dan cepat, tidak terbatas dalam segala hal sehingga dampak positif maupun negatif dapat terdampak bagi anak.

Untuk membekali anak – anak dalam mengakses internet sehingga bisa membedakan mana yang baik dan kurang baik bagi anak, Kementerian PPPA RI dan Dinas PPPA Provsu melaksanakan kegiatan “Workshop Internet Aman Untuk Anak” yang dilaksanakan selama satu hari (Jumat,10/5) di Hotel Swiss Bel Internasional.

Workshop Internet Aman Untuk Anak diikuti oleh lebih kurang 100 orang peserta yang berasal dari perwakilan siswa/i MTS Negeri 1 Medan, MTS Negeri 3 Medan, SMP Negeri 38 Medan, SMP Negeri 7 Medan, SMP Namira Medan, SMP SMILE Medan, SMP Safiatul Amaliyah, MAN 2 Medan, SMA Negeri 3 Medan, SMA Negeri 1 Medan, SMA Namira Medan, SMA Muhammadiyah 3 Medan, Forum Anak Medan, Forum Anak Deli Serdang, Forum Anak Binjai, PKPA dan Karang Taruna.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provsu yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak  Ibu Afini, SE. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa anak dapat mengakses segala informasi, pengetahuan, dan hiburan dari internet termasuk juga konten negatif. Untuk perlu kita cermati dan menjadi bahan perhatian kita, hal ini terbukti dengan munculnya beragam kasus sebagai akibat dampak buruk internet. Banyak kasus online  pornografi dan cybercrime yang dilaporkan telah membahayakan anak – anak dan terus meningkat setiap tahunnya.

Dalam akhir sambutannya beliau berharap agar para peserta dapat menguatkan literasi digital khususnya dalam pencegahan kekerasan dan juga membangun kesadaran semua pihak agar mampu terlindungi dari bentuk – bentuk kekerasan seksual melalui internet.

Pada kegiatan Workshop ini para peserta dibekali dengan materi – materi tentang Perlindungan Anak di Era Digitalisasi dan Internet (Kementerian PPPA RI), Literasi di Era Digitalisasi Dunia Pendidikan (Dinas Pendidikan), Internet, Risiko dan Potensi (ECPAT Indonesia), Pembuatan Konten Kreatif dan Jejak Digital dan Privasi Orang Muda (ICT Watch).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas