JAMBORE ANAK SUMATERA UTARA TAHUN 2018

Kamis, 20 Desember 2018

Admin

Berita

Dibaca: 209 kali

“Partisipasi anak sangat penting bagi pemerintah, masyarakat, lembaga swadaya masyarakat pemerhati anak, keluarga serta bagi anak itu sendiri”. Demikian yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, dalam sambutannya pada Pembukaan Kegiatan Jambore Anak Sumatera Utara dengan tema “Anak Sumut Bermartabat Pasti Genius (Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat)” yang diselenggaran pada tanggal 18 Desember 2018 di Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Lebih lanjut Wakil Gubernur menyampaikan bahwa bagi pemerintah partisipasi anak itu bermanfaat agar lebih mudah mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yang berasal dari generasi muda.

Kegiatan yang diadakan mulai dari tanggal 17 s.d. 19 Desember 2018 ini dihadiri oleh ± 500 (lima ratus) peserta anak yang terdiri 4 (empat) orang perwakilan forum anak dan pendamping Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten/Kota se Sumatera Utara, komunitas anak difabel dari Sekolah Luar Biasa (SLB) E Negeri Pembina Provsu, anak pengungsi dari UNHCR serta komunitas anak marginal dampingan lembaga masyarakat dan lembaga pemerhati anak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara, Ibu Hj. Nurlela, SH, M.AP, selaku panitia, dalam laporannya menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam Jambore Anak Sumatera Utara ini antara lain : lomba orasi, lomba photo challenge, workshop hair cut, workshop henna art, workshop internet sehat dan workshop  pelopor dan pelapor, simulasi tanggap bencana, festival anak Sumatera Utara, outbound, serta materi Partisipasi dalam Perencanaan Pembangunan.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur juga menekankan khusus kepada pendamping anak untuk tetap melibatkan anak-anak dalam kegiatannya terutama dalam bidang advokasi dan informasi yang bersifat kampanye yang dapat mengembangkan forum anak secara aktif di daerah, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan anak di bidang partisipasi anak, nasionalisme, patriotisme dan nilai luhur budaya bangsa serta mengembangkan kreatifitas positifnya dalam rangka berpartisipasi mewujudkan kehidupan anak yang lebih baik untuk masa yang akan datang. 

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas